Gubernur NTB Raih Doktor Tafsir Al-Azhar Cairo Mesir

Indonesia berulang memperoleh doktor tafsir dari universitas al - azhar mesir. muhammad zainul majdi, ma yang dikala ini berprofesi gubernur ntb period 2008 - 2013 sukses mencapai geral doktor dengan predikat “martabah el - syaraf el ula ma`a haqqutba’” ataupun summa cumlaude pada hari sabtu, 8 januari 2011.

persidangan disertasi yang berlangsung 2, 5 jam di aula syeikh abdul halim mahmud fakultas ushuluddin al - azhar cairo dengan dosen penguji profesor. dokter. abdul hay hussein al - farmawi dan juga profesor. dokter. al - muhammady abdurrahman abdullah ats - tsuluts dengan judul disertasi “studi dan juga analisis terhadap manuskrip kitab tafsir ibnu kamal basya dari dini tulisan an - nahl hingga akhir tulisan ash - shoffat”.

disertasi setebal 1000 taman tersebuut menemukan apresiasi luar biasa dari al - azhar dan juga oleh karenanya direkomendasikan buat dicetak dan juga disebarluaskan oleh al - azhar

muncul dalam persidangan disertasi, dubes ri di mesir a. meter. fachir, dekan fak. ushuluddin al - azhar, wakil kepala jalinan alumni al - azhar internasional dan juga ratusan mahasiswa indonesia di mesir. tuntas siding, duta besar tidak kurang ingat mengantarkan selamat kepada dokter. zainul majdi atas keberhasilannya tersebut, dan juga berharap supaya upayanya menuntaskan riset doktoral jadi pemacu antusias ribuan mahasiswa indonesia yang lain yang tengah melakukan riset di al - azhar.

dalam persidangan yang istimewa ini, penguji profesor. dokter. al - muhammady abdurrahman abdullah ats - tsuluts senantiasa kritis terhadap disertasi zainal majdi, baik dari segi tata bahasa dan juga kesalahan - kesalahan kecil yang lain.

sebaliknya penguji yang lain profesor. dokter. abdul hay hussein al - farmawi banyak menyanjung isi disertasi zainal majdi, baik dari segi metodologi penyusunan dan juga isi disertasi, dia meningkatkan lazimnya disertasi cuma mangulas 1 surah aja, tetapi disertasi zainal majdi mangulas 11 tulisan dan juga seyogyanya dapat memperoleh 11 gelar doktor.

zainul majdi merupakan putra ketiga dari pendamping hektometer djalaluddin sh, seseorang pensiunan birokrat pemda ntb dan juga hj. rauhun zainuddin abdul madjid, gadis tgh. meter. zainuddin abdul madjid (tuan guru pancor) , pendiri organisasi islam terbanyak di ntb, nahdlatul wathan (nw) dan juga pendiri pesantren darun - nahdlatain.

zainul majdi mengenyam tarbiyah dasar di sdn 2 mataram, lulus tahun 1986. dia melewati jenjang sltp di madrasah tsanawiyah mu’allimin nahdlatul wathan pancor cuma sepanjang 2 tahun, dan juga lulus aliyah di yayasan yang sama tahun 1991. saat sebelum merambah akademi besar dia menghafal al - qur’an di ma’had darul qur’an wal hadits nahdlatul wathan pancor sepanjang setahun (1991 - 1992).

setelah itu pada tahun 1992 majdi berangkat ke kairo guna menimba ilmu di fakultas ushuluddin jurusantafsir dan juga ilmu - ilmu al - qur’an universitas al - azhar kairo dan juga lulus mencapai gelar lc. pada tahun 1996. 5 tahun selanjutnya, dia mencapai master of art (meter. a. ) dengan predikat “jayyid jiddan”.

sehabis menuntaskan tarbiyah s1 dan juga s2 di al - azhar sepanjang 10 tahun, majdi melanjutkan ke program s3 di universitas dan juga jurusan yang sama. pada bulan oktober 2002, proposal disertasi majdi diterima di dasar tutorial profesor. dokter. said muhammad dasuqi dan juga profesor. dokter. ahmad syahaq ahmad. (deplu mesir)






(sumber: sasak. org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.