Ternyata Oh ternyata...Membunuh Cicak Bisa Dapat PAHALA. Ini penjelasannya...

Pahala membunuh cicak

cicak tercantum hewan fasik. siapa yang menewaskan cicak nyatanya dapat raih pahala.

hewan yang digolongkan hewan fasik dan juga pula diperintahkan buat dibunuh merupakan cicak ataupun tokek. perihal ini bersumber pada hadits sa’ad bin abi waqqosh, dia berkata,

أَنَّ النَّبِىَّ - صلى الله عليه وسلم - أَمَرَ بِقَتْلِ الْوَزَغِ وَسَمَّاهُ فُوَيْسِقًا.
 
“nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan buat menewaskan tokek, dia menyebut hewan ini dengan hewan yang fasik” (hr. muslim, nomor. 2238). an nawawi mengantarkan hadits ini dalam shahih muslim dengan judul bab “dianjurkannya menewaskan cicak. ”

dari abu hurairah, dia mengatakan kalau rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَتَلَ وَزَغًا فِى أَوَّلِ ضَرْبَةٍ كُتِبَتْ لَهُ مِائَةُ حَسَنَةٍ وَفِى الثَّانِيَةِ دُونَ ذَلِكَ وَفِى الثَّالِثَةِ دُونَ ذَلِكَ
 
“barang siapa yang menewaskan cicak sekali jam, hingga dituliskan menurutnya pahala seratus kebaikan, dan juga benda siapa memukulnya lagi, hingga menurutnya pahala yang kurang dari pahala kesatu. dan juga benda siapa memukulnya lagi, hingga menurutnya pahala lebih kurang dari yang kedua. ” (hr. muslim, nomor. 2240)

dari ummu syarik –radhiyallahu ‘anha - , dia mengatakan,

عَنْ أُمِّ شَرِيكٍ – رضى الله عنها أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – أَمَرَ بِقَتْلِ الْوَزَغِ وَقَالَ « كَانَ يَنْفُخُ عَلَى إِبْرَاهِيمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ »
 
“rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan buat menewaskan cicak. dia bersabda, “dahulu cicak turut menolong meniup api (buat membakar) ibrahim ‘alaihis salam. ” (hr. bukhari, nomor. 3359)

kata imam nawawi, dalam satu riwayat disebutkan kalau menewaskan cicak hendak memperoleh 100 kebaikan. dalam riwayat lain disebutkan 70 kebaikan. kesimpulan dari imam nawawi, terus menjadi besar kebaikan ataupun pahala dilihat dari hasrat dan juga keikhlasan, pula dilihat dari kian sempurna ataupun kurang keadaannya. seratus kebaikan yang diucap merupakan bila sempurna, 7 puluh bila niatannya buat tidak hanya allah. wallahu a’lam. (syarh shahih muslim, 14: 210 - 211)
mudah - mudahan berguna.






(sumber: https:// haidarmouslemstyle. blogspot. com/2017/01/pahala-membunuh-cicak-cicak-termasuk. html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.